Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,22 October 2018
Pdt. DR. Darwin Lumbantobing (tanpa kacamata) terpilih sebagai Ephorus HKBP 2016-2020, (hkbp.or.id)

Pdt Darwin Lumbantobing Terpilih Sebagai Ephorus HKBP 2016-2020

Tarutung – Pdt. DR. Darwin Lumbantobing akhirnya terpilih sebagai Ephorus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) periode 2016-2020 dalam pelaksanaan Sinode Godang ke 63, Kamis (15/9/2016) sekitar pukul 23.30 WIB.

Mantan Ketua Sekolah Tinggi Theologia (STT) HKBP Pematangsiantar ini unggul dalam pemilihan putaran II yang berlangsung di Seminarium Sipoholon, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Pemilihan putaran II ini diikuti Pdt Darwin Lumbantobing dan Pdt Robinson Butar-Butar. Hasilnya, Darwin memperoleh 924 suara, sementara Robinson 641 suara dan 7 suara batal.

Dalam pemilihan putaran II ini, Pdt Robinson bergabung dengan Pdt David Sibuea yang sebelumnya pada putaran I memperoleh 387 suara. Ini membuat adanya penambahan perolehan suara bagi Pdt Robinson dari 450 suara (putaran I) naik menjadi 641 suara (putaran II).

Sementara itu, Darwin sebelumnya pada putaran I memperoleh 760 suara. Akhirnya pada pemilihan putaran II, Darwin mendapatkan 924 suara, sehingga resmi terpilih sebagai Ephorus. Direncanakan pelantikan Ephorus HKBP ke-15 ini akan dilangsungkan Jumat (15/9/2016).

Sebelumnya pada putaran I di hari yang sama, pemilihan suara diikuti lima calon yakni, Pdt Darwin Lumbantobing, Pdt Robinson Butar-Butar, Pdt David Sibuea, Pdt Saut Sirait dan Pdt Marolop Sinaga. Pemilihan terpaksa dilanjutkan ke putaran kedua karena perolehan suara para calon tidak ada yang memenuhi ½ N + 1 atau sebanyak 790 suara dari total peserta 1578 suara.

Dari hasil perhitungan, Pdt Darwin Lumbantobing memperoleh 760 suara, disusul Pdt Robinson Butar-Butar 450 suara, Pdt David Sibuea 387 suara, Pdt Saut Sirait 11 suara dan Pdt Marolop Sinaga 1 suara. Akhirnya penghitungan suara dilanjutkan ke putaran kedua yang diikuti 2 calon pemilik suara terbanyak yakni Pdt Darwin Lumbantobing dan Pdt Robinson Butar-Butar.

Sinode Godang Huria Kristen Protestan (HKBP) ke-63 dibuka oleh Ephorus Pdt WTP Simarmata, Selasa (13/9/2016). Sinode Godang yang bertujuan untuk memilih pucuk pimpinan tertinggi gereja terbesar di Asia Tenggara ini dihadiri para mantan pimpinan HKBP seperti, Ephorus Emiritus SAE Nababan dan Ephorus Emiritus Bonar Napitupulu.

Sinode Godang dibuka tepat pukul 11. 07 WIB dengan pemukulan lonceng oleh Ephorus. Namun sebelumnya dilakukan ibadah pembukaan dengan pengkhotbah Pdt Agustinus Purba selaku Ketua Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP). Dalam khotbahnya, Agustinus Purba menegaskan, HKBP harus merespon panggilanNya sebagai berkat bagi dunia, bagi Indonesia dan jemaat dengan bersungguh-sungguh menjalankan Diakonia, Marturia dan Kononia.

Mewakili utusan jemaat HKBP, Effendi Simbolon mengharapkan, agar organisasi tidak seperti partai politik (parpol) terutama dalam pemilihan pimpinan. “Politisi itu setengah manusia setengah begu (setan). Berbeda dengan pendeta setengah manusia setengah malaikat,” ujarnya.

Dalam sambutannnya Bupati Taput Nikson Nababan, mengungkapkan jelang Sinode Godang terdengar ada istilah yang dipakai dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada seperti adanya tim sukses (TS) dan “togu-togu ro” atau undangan supaya datang ke pesta.

“Dalam dari pesawat sesama peserta tidak bersapaan, mungkin karena beda pilihan, ada kesenjangan dalam Sinode Godang. Ke depan agar hal ini tidak terjadi, perlu ada kajian proses pemilihan pimpinan,” harap Nikson. Sementara itu, Ompui Ephorus WTP Simarmata dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan.

Sinode godang juga dihadiri anggota DPR RI Nurdin Tampubolon, Tri Medya Panjaitan dan Effendi MS Simbolon. Selain itu juga hadir beberapa kepala daerah yakni Bupati Taput Nikson Nababan, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian, Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor dan Wali Kota Sibolga Syafri Hutauruk.

Komentar

komentar