Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018

Pelabuhan Dumai Bisa untuk Impor Bawang Thailand

Dumai – Pelabuhan Kota Dumai, Provinsi Riau berpeluang mendapat kesempatan sebagai pintu masuk impor bawang dari Negara Thailand setelah melalui proses sertifikasi Kementerian Pertanian RI dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Dumai Suriyanto mengatakan, Kementerian Pertanian RI telah memberi sinyal positif agar impor bawang bisa dilakukan di pelabuhan Kota Dumai sesuai kuota kebutuhan.

“Perjuangan bersama sejak 2012 agar pelabuhan Dumai dibuka jadi pintu masuk impor bawang akhirnya dijawab pusat dan pemasukkan hanya boleh dari sembilan tempat negara Thailand,” kata Suriyanto, Selasa (20/9).

Dijelaskan, setiap pemasukkan komoditi bawang impor dari Thailand yang diprediksi bisa dimulai pada Oktober 2016 depan ini adalah harus mengantongi registrasi kontrol kualitas dari Kementerian Pertanian.

Untuk menggesa pelaksanaan pintu masuk bawang impor ke pelabuhan Dumai ini, Disperindag akan menyurati Dinas Pertanian setempat agar menyampaikan prediksi kuota kebutuhan tahunan daerah dan Provinsi Riau.

“Data 2013 prediksi kuota kebutuhan bawang untuk Dumai 30 ton dan Riau 700 ton pertahun, dan untuk percepatan realisasi impor masuk ini harus dilengkapi dengan perkiraan terbaru,” kata Suriyanto lagi. (Antara)

Komentar

komentar