Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,19 July 2018
Ilustrasi penyebaran garam (IST)

Pesawat Sebar 61.24 Ton Garam di Riau

Pekanbaru – Satuan tugas (Satgas) siaga darurat kebakaran hutan dan lahan Provinsi Riau telah menyebar sebanyak 61,24 ton garam sebagai upaya modifikasi cuaca guna membentuk hujan buatan untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

“Total garam yang disebar hingga hari ini 61,24 ton garam. Sementara yang tersisa 13,88 ton garam,” kata Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Rabu (28/9).

Program TMC yang dilakukan BPPT bersama dengan satuan tugas kebakaran hutan dan lahan Satgas siaga darurat Karhutla Riau dimulai sejak pertengahan Juli 2016 lalu. Awalnya, operasi TMC tersebut menggunakan pesawat Cassa 212 dengan registrasi PK-PCT. Namun, pesawat yang telah menyebar 40 ton garam itu diperbantukan ke Sumatera Utara.

Kini, upaya modifikasi cuaca dilanjutkan dengan pesawat jenis yang sama dengan nomor registrasi A-2107 yang juga bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Dengan A-2107, kita telah menyebar 21,6 ton garam dari 27 sortie penerbangan,” ujarnya.

Hingga kini, dia mengatakan pesawat yang mampu mengangkut satu ton garam dengan sasaran awan Cumulus pada ketinggian 9.000 hingga 12.000 kaki itu terus beroperasi hampir setiap hari untuk membentuk hujan buatan guna mencegah dan menanggulangi bencana Karhutla. (Antara)

Komentar

komentar