Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Penyelundupan bawang (IST)

Polres Dumai Amankan 300 Karung Bawang Ilegal

Pekanbaru –  Jajaran Kepolisian Resor Dumai, Provinsi Riau, mengamankan truk jenis Colt Diesel yang bermuatan 300 karung bawang merah tanpa kelengkapan dokumen di jalan lintas Dumai-Bengkalis.

“300 karung bawang merah ini harus disita karena tidak dilengkapi dokumen yang sah yakni karantina,” kata Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Selasa (6/9).

Ia menjelaskan, 300 karung bawang merah tersebut diamankan di jalan lintas Sungai Pakning (Bengkalis)-Dumai, tepatnya di simpang jalan Pelajar Kelurahan Guntung, Kecamatan Medang Kampai pada Senin (5/9) sore.

Seluruh bawang merah itu diamankan dari truk Colt Diesel bernomor polisi BM 8221 RF yang dikemudikan Am (25), seorang petani asal Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

Guntur menjelaskan penangkapan itu berawal dari laporan masyarakat akan adanya upaya penyelundupan barang merah dari Bengkalis menuju Dumai menggunakan jalur darat. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan pemetaan di lapangan.

Hasilnya, truk bermuatan 300 karung bersama sopir berinsial Am berhasil diamankan.

Guntur mengatakan polisi menerapkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan dalam penanganan hukum kepada pelaku.

“Pelaku dan barang bukti kita amankan di Mapolres Dumai untuk penyelidikan dan pendalaman lebih lanjut,” katanya. (Antara)

Komentar

komentar