Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi (IST)

Riau Gelar Gerakan Sehari Makan Sagu

Pekanbaru – Pemerintah Provinsi Riau berencana menggelar gerakan sehari makan sagu dalam rangka Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada Oktober 2016 mendatang.

“Gerakan pangan makan sagu masih dalam tahapan penyuluhan, direncanakan digelar pada Hari Pangan Sedunia Oktober nanti,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau Darmansyah di Pekanbaru, Kamis (22/9).

Provinsi Riau, kata Darmansyah, sebagai kawasan penghasil sagu cukup besar mencapai 246.000 ton pertahun di tiga Kabupaten yakni Meranti, Indragiri Hilir serta Bengkalis. Sedangkan tingkat konsumsi masyarakat setempat hanya sepuluh persen dari total produksi pangan tersebut.

Ia menilai, rendah kesadaran konsumsi masyarakat ini disebabkan kurang membiasakan memakan sagu dalam keseharian, sehingga gerakan Riau sehari makan sagu akan efektif jika seluruh kalangan dapat turut serta menggalakkannya.

Dikatakan Darmansyah, gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berkomitmen mengangkat sagu sebagai alternatif pemenuhan karbohidrat mengingat tingginya suplai beras dari provinsi tetangga yang mencapai 70 persen sehingga mengganggu ketahanan pangan di Bumi Melayu itu.

“Tahun ini akan diluncurkan gubernur Riau, bersamaan dengan gelar pangan nusantara akan ada 350 aneka ragam produk makanan dari sagu,” tuturnya. (Antara)

Komentar

komentar