Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Ilustrasi pemadaman lahan yang terbakar (IST)

Satgas Riau Patroli Titik Api Lewat Udara

Pekanbaru – Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau mengaku, secara rutin melakukan patroli memantau titik api lewat udara.

“Walau setiap hari kita terima jumlah titik api dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), tapi patroli rutin tetap dilakukan,” ucap Wakil Komandan Satgas Penanggulangan Karhutla Provinsi Riau Edwar Sanger di Pekanbaru, Rabu (28/9).

Dia menjelaskan, patroli dilakukan guna memastikan titik api di suatu wilayah atau kabupaten/kota di Riau memang benar-benar tidak muncul.

Selain itu, pihaknya terus melakukan perbandingan dengan satelit lain untuk mengetahui titik api dengan level confident atau tingkat kepercayaan lebih dari 70 persen terhadap suatu kecamatan.

Ia contohkan, seperti kemarin atau Selasa (27/9), satelit NOAA 18 mendeteksi 18 titik panas terdapat di wilayah Indonesia, tetapi Pulai Sumatera termasuk di Riau dinyatakan nihil.

Tetapi satelit Terra dan Aqua update atau diperbaharui oleh BMKG sampai pukul 16.00 WIB di Sumatera terdeteksi 40 titik panas, tiga titik diantaranya terdapat di Riau.

“Tiga titik itu tersebar di Dumai dua titik dan Kepulauan Meranti satu titik. Tapi armada kita disana, sudah lakukan pengecekan hari ini,” katanya. (Antara)

Komentar

komentar