Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Mesin cuci piring portable (IST)

Siswa SMP Ciptakan Mesin Cuci Piring Portable

JAKARTA – Dua siswa dari SMP Negeri 1 Sabang Azy Ilham Sudibyo dan Tio Pidie Lesmana berhasil menciptakan sebuah produk inovasi yakni APPEL. Ini merupakan alat pencuci piring portable yang bisa mencuci piring dalam jumlah yang lumayan banyak dalam satu waktu.

Dua siswa dari SMP Negeri 1 Sabang Azy Ilham Sudibyo dan Tio Pidie Lesmana berhasil menciptakan sebuah produk inovasi yakni APPEL. Ini merupakan alat pencuci piring portable yang bisa mencuci piring dalam jumlah yang lumayan banyak dalam satu waktu.

Wakil Pembimbing, Asep Sugandi menuturkan alat pencuci piring ini terbilang terjangkau karena dibuat dari bahan-bahan yang sudah tidak terpakai.

“Seperti dari ember bekas cat, untuk tempatnya,” ungkapnya di Jakarta, belum lama ini.

Penggunaan produk ini pun cukup mudah, hanya dengan memutar pipa bagian atas, maka piring yang ada dalam ember tersebut akan berputar bersama air. “Ibaratnya sama seperti mencuci baju di mesin cuci. Itu kan berputar, nah alat ini juga akan memutar piring, gelas maupun mangkok didalamnya sehingga bisa bersih kembali,” ucapnya.

Selain efisien dalam mencuci piring, alat ini juga bisa menghemat air yang digunakan. Dalam sekali pengisian air, jika piring yang hendak dicuci tidak terlalu kotor maka bisa dipakai sampai empat kali.

“Tapi kalau kotor sekali ya mungkin hanya dua kali saja. Baru diisi lagi dengan air yang baru. Sabun cuci piringnya juga tidak perlu terlalu banyak,” imbuhnya.

Dalam sekali mencuci, alat ini bisa mencuci sebanyak 10 buah piring. “Dan itu tidak akan pecah, karena kami juga sudah mencobanya,” imbuhnya.

Asep mengaku, ide inovasi dari siswa bimbingannya tersebut berasal saat Azi diminta oleh sang ibu untuk mencuci piring. “Nah disitu dia mencoba untuk mengaduk-aduk piring yang ada di ember, ternyata besih juga. Akhirnya dibuatlah mesin cuci piring portable ini,” ujarnya.

Tidak butuh waktu lama menyelesaikan alat ini, hanya butuh waktu sekitar enam bulan sampai akhirnya alat ini dibuat. “Waktu untuk membuatnya juga tidak terlalu lama. Hanya sekitar enam bulan,” tambahnya.

Komentar

komentar