Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018
Ilustrasi (IST)

BBM Murah, Daya Beli Masyarakat Naik

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai konsumsi masyarakat cenderung mengalami peningkatan. Penyebabnya adalah karena masih rendahnya harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia.

Dibandingkan negara lain yang begitu bergantung kepada penjualan minyak untuk penerimaan negara, Indonesia setidaknya masih diuntungkan. Sebab, terdapat berbagai bahan komoditas yang menyebabkan penerimaan negara tak sepenuhnya bergantung pada harga minyak dunia.

“Kenapa di dunia harga barang turun, karena harga BBM turun, akibatnya ya itu. Menurut saya daya beli tinggi karena BBM murah, ada uang lebih yang tadinya dipakai untuk beli bensin bisa buat beli yang lainnya,” ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (17/10).

Hal ini pun harus segera dimanfaatkan oleh pemerintah. Menurut Sasmito, rendahnya harga minyak dunia dan meningkatnya nilai konsumsi juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai impor pada barang-barang produktif.

“Itu artinya kan daya beli kita kuat. Mumpung barang di luar negeri murah kita manfaatkan dengan impor,” tuturnya. (Okz)

Komentar

komentar