Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,23 June 2018
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (IST)

Berobat Luar Negeri, Warga Riau Habiskan Rp500 Miliar

Pekanbaru – Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan setiap tahun ribuan masyarakat Provinsi dengan julukan Bumi Lancang Kuning itu membelanjakan Rp500 miliar ke luar negeri untuk keperluan berobat.

“Setiap tahun setengah triliun rupiah dibelanjakan warga Riau berobat ke luar negeri. Ini adalah potensi yang besar,” kata Andi, sapaan akrab Gubernur Riau dihadapan Menteri Kesehatan Nila Moeloek saat peresmian sebuah rumah sakit swasta di Pekanbaru, Minggu.

Ia menuturkan, tujuan favorit warga Riau untuk berobat adalah Malaysia dan Singapura. Menurutnya, angka tersebut ia peroleh dari hitungan sederhana yakni jumlah warga Riau yang terbang ke Malaysia setiap hari.

Dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, katanya, terdapat satu flight penerbangan yang menyediakan 250 kursi. 150 kursi diantaranya dipenuhi oleh warga dengan tujuan berobat.

“Diratakan saja setiap bulan 3.000 warga Riau ke Malaysia menggunakan pesawat. Dan minimal setiap satu orang membelanjakan Rp10 juta, itu sudah Rp30 miliar,” katanya.

Dalam setahun, maka warga Riau bisa membelanjakan Rp360 miliar hanya untuk memperoleh layanan kesehatan, lanjutnya. (Antara)

Komentar

komentar