Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,23 June 2018
Ilustrasi (IST)

BPOM Tegaskan Permen Jari tak Kandung Narkoba

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan permen jari aneka warna yang beredar di tengah masyarakat tidak mengandung narkoba sebagaimana dugaan awal sejumlah pihak.

Berdasarkan hasil uji laboratorium yang telah dilakukan BPOM permen jari tidak mengandung narkoba, seperti diinyatakan Biro Hukum dan Humas BPOM seperti dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (15/10).

Menurut BPOM, Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia telah melakukan penelusuran dan mengambil sampel permen jari di wilayah masing-masing. Terhadap sampel-sampel tersebut dilakukan pengujian laboratorium untuk mengetahui kemungkinan adanya kandungan narkoba.

Hasil pengujian terhadap sampel dari beberapa wilayah di Indonesia, antara lain Jakarta, Serang, Pontianak, Bandung, Padang dan Banjarmasin menunjukkan semua hasil negatif. Dengan kata lain, sampel produk permen jari tersebut tidak terdeteksi mengandung narkoba.

Meski begitu, BPOM menyatakan terus melakukan pengawasan untuk melindungi masyarakat dari produk yang berisiko terhadap kesehatan.

Masyarakat diimbau tidak mudah percaya terhadap isu-isu terkait obat dan makanan yang beredar melalui media sosial.

Bagi masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi pusat pengaduan HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533, pesan singkat 0-8121-9999-533 atau surat elektronik di halobpom@pom.go.id. (Hn)

Komentar

komentar