Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,23 June 2018
Ilustrasi (IST)

Calon Guru Perlu Diasramakan

Jakarta – Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof Dr H Djaali menilai, kebutuhan asrama bagi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) sangat mendesak. Hal ini sebagai cara untuk menumbuhkan karakter guru supaya memilki jiwa pendidik.

“Tugas guru bukan hanya mengajar, namun mengawal proses edukasi peserta didik. Kebutuhan asrama ini sangat mendesak, termasuk sekolah laboratorium untuk menemukan metode pembelajaran baru,” ujarnya di Gedung Rektorat UNJ, Jakarta, Selasa (4/10).

Rencana adanya asrama dalam pendidikan profesi guru (PPG), tutur Djaali, merupakan kesadaran LPTK juga Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk mengupayakan fasilitas PPG yang memadai. Selain itu, perlu adanya penjaminan kualitas dari mulai perekrutan, kelembagaan, dan persyaratannya.

“Kami mengupayakan 12 LPTK negeri di Indonesia memiliki fasilitas asrama. Menghasilkan guru pendidik sangat diperlukan asrama untuk membentuk karakter mereka,” sebutnya.

Djaali menjelaskan, selama ini LPTK punya asrama, namun jumlahnya masih kurang. Di UNJ misalnya, asrama bisa menampung 300 sampai 600 orang. Padahal, kebutuhan setiap LPTK mencapai 5.000.

“Sempat berdiskusi dengan Wapres tahun depan rencananya akan dibangun lagi supaya bisa 1.000 orang,” imbuhnya. (Okz)

Komentar

komentar