Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,18 December 2018
Bercak merah (IST)

Cara Mengobati si Bercak Merah

Jakarta – Tingkat keparahan menentukan jenis terapi yang diterima pasien. Serangan dengan tingkat keparahan tinggi, biasanya menggunakan terapi yang bersifat sistemik.

Sementara tingkat serangan rendah ditangani dengan pengobatan topikal, misal salep. Pengobatan topikal terlokalisir di areal luka. “Terapi diberikan dengan pengawasan dokter supaya bisa memberi manfaat lebih baik. Pasien juga harus menjaga pola hidupnya sehingga terapi bisa berhasil,” kata Dermatologis dari FKUI RSCM Danang Tri Wahyudi, Sabtu (29/10).

Setelah melalui langkah pertama, dokter memberi terapi selanjutnya yaitu fototerapi atau fotokemoterapi. Terapi cahaya digunakan pada pasien yang resisten pada pengobatan topikal, atau memiliki luas luka tiga hingga 10 persen dari luas permukaan tubuh.

Langkah terakhir adalah pengobatan sistemik dengan oral, injeksi, atau infus. Terapi digunakan pada psoriasis eritroderma yang menyebabkan pengelupasan, pustulosa yang lentingnya mengandung nanah, dan radang sendi akibat serangan penyakit (psoriatik artritis).

Terapi juga diberikan berdasar umur dan kelamin, respon, penyakit penyerta, dan kemampuan pasien bekerja sama. dokter biasanya mempertimbangan efek sosial yang dialami pasien. Bila pasien terlihat mengalami kesulitan, stress, atau depresi, dokter biasanya memberi terapi yang lebih agresif. Meski tingkat keparahannya masih minim.  (HN)

Komentar

komentar