Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,13 December 2018
Drone (IST)

“Drone” Bantu BNPB Atasi Bencana Alam

Jakarta – Penggunaan wahana terbang nirawak (drone) dinilai mempercepat tugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam mengatasi bencana alam di Indonesia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, pemanfaatan drone sangat efektif dan efisien dalam pengkajian cepat penanggulangan bencana.

“Dengan menggunakan drone, kami akan lebih mudah, baik dari indikator waktu kecepatan, biaya, tenaga, maupun daerah bencana yang tidak bisa tersentuh,” ujar Sutopo dalam Seminar Pemanfaatan Drone dalam Penanggulangan Bencana di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Menurut Sutopo, dari segi biaya, penggunaan drone dapat menghemat biaya karena pemetaan tak perlu lagi dilakukan menggunakan helikopter atau citra satelit.

“Karena kalau kita bandingkan dengan membawa helikopter atau citra satelit untuk pemetaan itu makan biaya besar,” kata Sutopo.

Adapun dari segi waktu, kendala seperti tutupan awan ataupun harus menunggu satelit melintas dapat diatasi menggunakan drone.

“Citra satelit juga kita harus menunggu apakah pada saat terjadi bencana, ada satelit yang melintas tempat tersebut. Belum lagi terkendala tutupan awan,” tambah Sutopo.

Dari sisi tenaga, kata Sutopo, drone hanya membutuhkan dua orang untuk mengoperasikannya. Jika melakukan pemetaan secara manual, tenaga perorangan yang dibutuhkan akan lebih besar. (Kmps)

Komentar

komentar