Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Perahu Naga (IST)

Ini Dia Ikon Pariwisata Tanjungpinang

Tanjungpinang – Lomba perahu naga atau Dragon Boat Race yang telah terselenggara di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dalam 15 tahun terakhir dianggap semakin layak dijadikan ikon pariwisata kota itu.

“Festival atau event merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan suatu destinasi pariwisata,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Tanjungpinang, Jumat.

Pihaknya sendiri mengapresiasi penyelenggaraan Dragon Boat Race yang kini tidak hanya melibatkan peserta dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri termasuk Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Pitana menilai Dragon Boat Race yang telah dilaksanakan selama 15 tahun berturut-turut sudah melekat dan bersinonim dengan nama Tanjungpinang.

“Karena sudah dilaksanakan bertahun-tahun, yaitu 15 tahun berturut-turut, maka Dragon Boat Race sudah bersinonim dengan nama Kota Tanjungpinang. Dan ini harus terus dipelihara dan dikembangkan, dengan pelaksanaan yang semakin tahun semakin profesional,” katanya.

Ia menegaskan bahwa event tersebut sudah selayaknya menjadi ikon pariwisata bagi Kota Tanjungpinang.

Menurut dia, sebuah event mempunyai manfaat berganda baik langsung maupun tidak langsung, diantaranya, memperkenalkan destinasi, sebagai ikon untuk mendatangkan wisatawan secara langsung menyaksikan event dimaksud, sekaligus memotivasi masyarakat lokal, untuk mengembangkan kreatifitas dan secara langsung terlibat dalam kepariwisataan.

“Event seperti Dragon Boat Race juga mampu menggairahkan dan membangkitkan kesenian dan kebudayaan lokal, yang merupakan modal dasar kepariwisataan,” katanya. (Antara)

Komentar

komentar