Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,12 December 2018
Ilustrasi (IST)

Jalankan Sebagai Orangtua, Istri Lebih Stres

Mengandung selama sembilan bulan, melahirkan, dan mengurus bayi di periode awal kehidupannya adalah tugas yang tidak mudah untuk seorang ibu.

Menjadi ibu merupakan komitmen seumur hidup dan wajib dijalani dengan tepat sehingga bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas dan membanggakan.

Tak ayal mengasuh anak acap kali membuat banyak ibu stres dan lelah berkepanjangan.

Namun, kondisi berbeda dirasakan oleh suami yang baru saja menjadi ayah. Ternyata, kaum adam setelah menjadi ayah merasakan hidup yang lebih bahagia dan tidak merasa stres.

Studi yang dirilis oleh seorang profesor Cornell University of Minnesota dan dipublikasikan dalam American Sociological Review menyimpulkan, tingkat stres ibu sangat tinggi ketimbang ayah.

Sebaliknya, para ayah justru hidup dengan lebih bahagia dan damai setelah memiliki buah hati.

“Para ibu melaporkan merasa sangat stres setiap hari dan benar-benar lelah. Kondisi itu tidak terlihat pada ayah,” tulis laporan studi.

Studi menjelaskan bahwa tingkat stres ayah dan ibu yang bertolak belakang setelah kehadiran anak karena adanya perbedaan aktivitas.

Lalu, studi menambahkan, keterikatan ibu dan anak sangat dekat sehingga anak lebih percaya ketika ibu yang mengerjakan apa pun untuk mereka. Lalu, saat ayah berangkat kerja, maka ibu pun juga merangkap menjalani tugas ayah.

Membesarkan dan mengasuh anak tidak selalu menyenangkan tetapi memberikan kebahagiaan pada kedua orangtua. Namun, pihak ayah lebih banyak mendapatkan bagian bermain dengan anak. (Kmps)

Komentar

komentar