Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018
Ilustrasi (IST)

Jamu Jateng Diharapkan Kuasai Pasar

Semarang –  Gubernur Jawa (Jateng) Tengah Ganjar Pranowo berharap industri jamu setempat mampu menguasai pasar dalam maupun luar negeri.

“Para pelaku industri jamu harus berpikir bahwa Indonesia dapat menguasai pangsa pasar dunia,” kata Gubernur pada pembukaan Musyawarah Daerah dan Seminar Gabungan Pengusaha Jamu dan Obat Tradisional Indonesia DPD Jateng 2016 di Hotel Grasia Semarang, Selasa.

Dikatakan, untuk dapat menguasai pasar tersebut para pelaku industri jamu harus menjaga kualitas produksi. Dikatakan, selama ini kualitas masih menjadi masalah untuk industri jamu di Jawa Tengah.

“Begitu laku malah dicampuri dengan bahan lain,” katanya.

Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman dari para pelaku agar industri jamu ini dapat berjalan dengan baik.

“Jamu ya jamu jangan yang lain. Konsumen harus diberikan pemahaman, minum jamu langsung sehat itu tidak mungkin. Jamu ini untuk investasi kesehatan jangka panjang, keseketikaan inilah yang harus dihilangkan, jangan berkespektasi tinggi,” katanya.

Sementara itu, pelatihan dan pendampingan juga harus diberikan. Tujuan dari pendampingan ini penting untuk memastikan kualitas produksi.

“Selain itu harus ada riset pengembangan yang dilakukan. Banyak perusahaan jamu besar yang dapat dilibatkan,” katanya. (Okz)

Komentar

komentar