Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,22 June 2018
Ilustrasi (IST)

Jepang Siap Biayai Infrastruktur Indonesia

Jakarta – Jepang berminat membiayai proyek infrastruktur di Indonesia meskipun tanpa jaminan dari pemerintah. Penurunan persyaratan itu disampaikan CEO Japan Bank for International Coorporation (JBIC), Tadashi Maeda, saat bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Kami ingin mengambil lebih banyak kesempatan melakukan pembiayaan pada BUMN, seperti Pertamina dan PLN, tanpa jaminan pemerintah. Ini tren yang baru,” kata Tadashi, usai pertemuan dengan Kalla di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (19/10).

Rencananya, Tadashi akan bertemu Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Kamis besok untuk pembicaraan lebih lanjut soal proyek-proyek yang akan didanai JBIC. Dia mengatakan pihaknya ingin mengambil kesempatan yang lebih besar dalam membiayai pembangunan infrastruktur, seperti sektor gas, transportasi, dan lainnya.

Tadashi tak menyebut berapa nilai yang akan disiapkan JBIC untuk membiayai infrastruktur di Indonesia. Tapi, menurutnya, dalam 4-5 tahun sebelumnya, nilai pembiayaan yang dilakukan JBIC per tahunnya hampir sama dengan pembiayaan yang dilakukan Bank Dunia.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar mengatakan salah satu proyek yang diincar JBIC adalah proyek kereta kecepatan sedang Jakarta-Surabaya. “Intinya mereka siap membiayai,” kata Oemar. (Tmp)

Komentar

komentar