Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,18 June 2018

Karhutla Riau Turun Drastis

Pekanbaru – Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau mengklaim, karhutla di provinsi tersebut turun secara drastis pada tahun ini.

Komandan Satgas Karhutla Provinsi Riau, Brigjen TNI Nurendi di Pekanbaru, Senin, mengatakan jumlah titik panas hingga bulan berjalan pada Oktober tahun 2016 terjadi penurunan sampai 60 persen.

“Warga terus didera asap hampir 19 tahun, dan baru tahun 2016 turun hotspot (titik panas) 60 persen lebih. Tapi dengan kesadaran kita semua, maka keadaan jauh lebih damai, sehat, dan aman, tanpa asap,” ucapnya.

Dansatgas menyebut, upaya menekan titik panas serta titik api tidak terlepas dari upaya semua pihak dengan semangat gotong royong, kebersamaan, dan kesadaran warga terutama di Riau.

Seperti Pemerintah Provinsi Riau telah memperpanjang dengan menetapkan status siaga darurat karhutla selama enam bulan, terhitung mulai 1 Juni hingga 30 November 2016.

Lalu cuaca dinilai mendukung upaya satgas karena prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat, bahwa puncak La Nina terjadi di Oktober dan November tahun ini.

Namun, dia mengaku, masih banyak kekurangan dilakukan pihaknya. Meski satgas telah berjibaku padamkan titik api terutama muncul pada lahan gambut di Riau.

“Hingga kini, masih saja ditemukan oknum sengaja bakar lahan. Tetapi jumlahnya, tidak sebanyak tahun lalu. Kita lebih waspada dan penegakan hukum makin kuat,” terang Nurendi.

Komentar

komentar