Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018
Wali Kota Pekanbaru Firdaus (IST)

Pekanbaru Kekurangan Rumah Sakit

Pekanbaru – Wali Kota Pekanbaru Firdaus mengatakan saat ini Kota Bertuah yang ia pimpin telah memiliki 30 rumah sakit yang terdiri dari 6 tipe B, 17 tipe C, 6 tipe D dan satu Rumah Sakit Jiwa. Selain itu, juga terdapat 5.000 apotik yang seluruhnya didukung oleh 2.000 dokter.

Namun, keberadaan rumah sakit tersebut dinilai kurang memadai oleh masyarakat. Hal ini dibenarkan oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru yang pada Juni 2016 lalu mencatat sebanyak 50.000 warga Pekanbaru, Provinsi Riau berobat ke Kuala Lumpur, Malaysia tiap bulan.

“Tingginya minat warga Pekanbaru berobat ke Malaysia lebih akibat masih rendahnya kualitas pelayanan RS di daerah ini, dan kondisi ini tidak bisa dibiarkan karena akan merugikan penerimaan pemerintah kota dari sektor pajak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Drg Helda S Munir saat itu.

Menurut Helda, banyak warga Pekanbaru berobat ke negara Jiran itu lebih akibat banyak RS di kota ini tidak bisa menampung pasien gawat darurat di ruang ICU yang cenderung penuh dan kualitas pelayanan belum memadai.

Ia mengatakan kondisi riil demikian telah mendorong masyarakat untuk beralih mencari alternatif RS yang diminatinya sesuai kebutuhan mereka.

“Berkaitan dengan upaya peningkatan RS, Dinas Kesehatan Pekanbaru juga bekerja sama dengan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau guna menjaring keluhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Selain itu, katanya lagi, Dinas Kesehatan Pekanbaru terus berupaya menyiapkan rumah sakit yang berkualitas agar mereka tidak lagi berobat ke Kuala Lumpur. (Antara)

Komentar

komentar