Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018

Pelayaran Tanjungpinang-Anambas Dihentikan, Masyarakat Protes

Bintan – Masyarakat Anambas memprotes Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang karena telah menghentikan pelayaran kapal cepat rute Tanjungpinang-Anambas.

“KSOP mengatakan kapal yang beroperasi dari Tanjungpinang ke Anambas dinilai tidak layak, sehingga ferry Tanjungpinang-Anambas tak bisa beroperasi,” kata salah satu warga Anambas, Edi, di Pulau Bintan, Selasa (3/10).

Edi beranggapan bahwa alasan yang dilontarkan KSOP Tanjungpinang tersebut masih rancu, Karena berdasarkan Rencana Pengoperasian Kapal (RPK) Kementerian Perhubungan Ditjen Perhubungan Laut 27 September 2016 lalu, pengoperasian kapal Trans Jakarta, VOC Batavia, dan Seven Star Island tidak memiliki masalah untuk melaksanakan rute pelayaran Tanjungpinang-Terempa.

“Pada butir ke dua juga disebutkan bahwa persatuan RPK masing-masing kapal tetap berlaku, dan itu ditandatangani langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Bay Mohamad Hasani,” tegasnya.

RPK dengan Nomor PR/101/142/9/DA – 2016 tersebut, sambung Edi, ditunjukkan kepada Kepala KSOP Keras II Tanjungpinang dengan salah satu tembusan ke PT Bintan Global Line sebagai pemilik tiga armada tersebut.

“Mengapa lima tahun sebelumnya kapal cepat Trans Nusantara, VOC Batavia, dan Seven Star Island masih berjalan normal. Sementara sejak pergantian kepala KSOP Tanjungpinang kini kapal tersebut dihentikan secara mendadak,” tegas Edi. (Antara)

Komentar

komentar