Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,20 July 2018
Ilustrasi PKL (ANTARA)

Pemerintah Dumai Harus Bina Ratusan PKL

Dumai – Komisi I DPRD Kota Dumai mendorong pemerintah daerah agar melakukan pembinaan ratusan pedagang kaki lima di tepi jalan umum karena berpotensi bisa menambah pendapatan asli daerah.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Dumai Edi Sepen di Dumai, Senin, mengatakan, pembinaan PKL ini dipandang lebih baik dan solusi tepat dalam penertiban pedagang jika dibandingkan pemerintah menempuh dengan cara melakukan penggusuran.

“Daripada digusur lebih baik PKL ini ditata dan dibina agar pemerintah bisa menambah sumber pemasukan keuangan dengan penarikan retribusi harian kepada pedagang tersebut,” kata Edi Sepen kepada wartawan.

Dijelaskan, jika pemerintah daerah tetap memilih upaya penertiban dengan penggusuran justru akan menyakiti hati masyarakat yang hanya menggantungkan hidup dari aktivitas berdagang di pinggir jalan tersebut.

Para pedagang kecil tersebut, lanjut dia, besar kemungkinan tidak akan keberatan jika pemerintah menarik retribusi harian asalkan tidak digusur dan ada langkah pembinaan serta laporan jelas sesuai fakta dan data.

“Kita misalkan ada seribu PKL dan setiap hari mereka ditarik retribusi sebagai PAD sebesar Rp3 ribu, dalam sebulan menghasilkan Rp90 juta dan setahun mencapai Rp1 miliar,” kata politisi PKS ini.

Menurut dia lagi, pemerintah diharap tidak menyakiti hati masyarakat dengan menggusur pedagang kecil, dan hendaknya menertibkan tempat hiburan malam melanggar peraturan daerah, seperti karaoke berkedok salon, panti pijat dan lain sebagai. (Antara)

Komentar

komentar