Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018
Ilustrasi perikanan (ANTARA | FILES)

Pemerintah Harus Perkuat Industri Perikanan di Rohil

Rokan Hilir – DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, mendukung Pemerintah Indonesia memperkuat industri perikanan terpadu seperti yang sedang dilakukan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

“Kami sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam membangun kawasan industri perikanan tangkap di Natuna dan pengolahan terpadu serta “cold storage” atau gudang pendingin berkapasitas 3.000 ton di Selat Lampa,” kata Anggota DPRD Rohil, Murkan Muhammad di Bagansiapiapi, Jumat.

Tetapi, menurut dia ihwal pembangunan infrastruktur bidang kemaritiman di Indonesia juga harus diberlakukan secara lebih merata hingga keseluruh kawasan perbatasan yang ada.

“Salah satunya perairan sekitar Pulau Jemur di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Riau yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia,” ujarnya.

Murkan, yang juga Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Rohil ini menilai, dengan adanya pembangunan infrastruktur bidang kemaritiman di Rohil, diharapkan ketimpangan sosial serta ancaman keamanan terhadap daerah perbatasan dan pulau terluar dapat diminimalisir.

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemerintah Indonesia saat ini memperkuat industri perikanan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, dengan membangun kawasan industri perikanan tangkap dan pengolahan terpadu, serta “cold storage” atau gudang pendingin berkapasitas 3.000 ton di Selat Lampa.

“Artinya kita menata kembali industri perikanan kita baik yang tingkat nelayan, yang tingkat di atasnya, yang pengusaha kecil, yang tingkat industri akan kita tata kembali,” kata Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan kawasan industri perikanan tangkap dan pengolahan terpadu di Selat Lampa pada Kamis (6/10). (Antara)

Komentar

komentar