Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,22 June 2018
Ilustrasi (IST)

Penyebab Penyebaran Dokter Belum Merata

JUMLAH dokter di Indonesia saat ini sudah terbilang mencukupi kebutuhan medis. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) pada April 2016. Untuk cakupan nasional jumlah dokter saat ini mencapai 110.792 sedangkan dokter spesialis 30.055.

Namun kendalanya, penyebaran dokter di Tanah Air masih belum merata. Bahkan distribusinya terlihat jelas paling banyak berada di wilayah pulau Jawa dan Sumatera. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Menurut Prof. Dr. I. Oetama Marsis, SpOG, ketua umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI). Ketidakmerataan distribusi dokter di daerah terpencil itu disebabkan oleh tingkat kesejahteraan dokter yang masih kurang memadai.

“Itulah kegagalan pemerintah dalam melakukan distribusi. Sudah jadi kewajiban pemerintah untuk tidak menganggap dokter sebagai tenaga murah,” ucapnya kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.

Tak heran jika keadaannya demikian, banyak dokter yang tidak bersedia untuk dikirim ke daerah terpencil. Pasalnya, pemerintah pun belum dapat memecahkan kendala kesejahteraan dokter saat ini.

“Untuk honorarium saja di daerah itu berkisar Rp5-Rp7,5 juta. Belum lagi dengan risiko pekerjaan di daerah terpencil seperti apa. Bagaimana menghidupi keluarga, menyekolahkan anaknya. Bicara kesiapan, sebenarnya dari awal dokter sudah siap tempur. Jika dikirim ke daerah tentu harus ada imbalan jasa yang wajar,” tambahnya. (Okz)

Komentar

komentar