Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Wanita gemuk (IST)

Perempuan Indonesia Dominasi Obesitas

Perempuan Indonesia ternyata lebih banyak yang mengalami obesitas dibanding laki-laki. Hal ini berbeda dengan negara maju yang penderita obesitasnya lebih banyak laki-laki.

Terlepas dari penyebabnya, hal ini menjadi peringatan bagi seluruh perempuan di Indonesia. Obesitas merupakan pangkal penyakit yang bisa menurunkan harapan hidup perempuan. “Cegah sedini mungkin karena obesitas sesungguhnya diantisipasi,” ujar Direktur Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Lily Sulistyowati, Rabu (12/10).

Pencegahan bisa dilakukan dengan rutin memeriksa peningkatan berat badan. Seseorang dikatakan mengalami obesitas bila lemak tubuh menumpuk, sehingga body mass index (BMI) lebih dari 30 kilogram per meter persegi (kg per m2).

BMI bisa dihitung dengan membagi berat badan dengan tinggi badan yang dikuadratkan, atau TB/(BB)2. Perempuan wajib waspada bila BMI lebih dari 23. Angka tersebut mengindikasikan perempuan sudah mengalami kelebihan berat bada.

Perempuan bisa melakukan pengaturan konsumsi makan buah dan sayur demi kesehatan dirinya. Rutin bergerak juga turut menurunkan berat badan menjadi lebih sehat. Untuk konsumsi sayur dan buah sedikitnya 250 gram setiap hari. (HN)

Komentar

komentar