Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Perpustakaan (IST)

Perpustakaan Harus Punya Program

Sekolah menjadi salah satu tempat yang efektif dalam meningkatkan minat baca anak. Dalam hal ini, peran seorang pustakawan harus lebih aktif sehingga bukan sekadar penjaga perpustakaan semata.

Ketua Umum Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia (APISI), Hanna Catherina George mengatakan, pustakawan memiliki tugas melakukan manajemen terhadap perpustakaan. Caranya, yakni dengan membuat program menarik bagi para siswa.

“Kegiatan membaca di perpustakaan itu bisa dikembangkan supaya lebih hidup. Program perpustakaan ini dikembangkan oleh pustakawan,” sebutnya ditemui di Perpustakaan Kemdikbud, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Kendati demikian, tutur Hanna, program perpustakaan tak bisa diseragamkan di seluruh sekolah yang ada di Tanah Air. Menurutnya, program harus kontekstual sehingga disesuaikan dengan kondisi lokal.

“Jenis kegiatan boleh sama tetapi ketika implementasi ada penyesuaian lokal,” ucapnya.

Hanna juga mengungkapkan, program perpustakaan sekolah harus sejalan dengan kurikulum. “Misalnya, program perpustakaan ini berkolaborasi dengan guru bahasa Indonesia. Buat program setiap minggu ke perpustakaan, lalu diadakan review. Nanti pustakawan menilai pekerjaan siswa dan dimasukkan dalam penilaian pelajaran bahasa Indonesia,” paparnya.

Kemudian, Hanna juga menyebut mengasah kemampuan literasi disesuaikan dengan tingkat usia siswa. Di tingkat PAUD sampai SD siswa diajarkan literasi, sedangkan di tingkat SMP dan SMA menjadi literasi informasi.

“SD itu kemampuan literasi, kemudian SMP sampai SMA literasi informasi. Idealnya kalau dibimbing dari PAUD kelas IV seharusnya sudah doyan baca,” pungkasnya. (Okz)

Komentar

komentar