Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,13 December 2018
Ilustrasi (IST)

Praktik Pungli Tak Hanya di Kemenhub

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan  (Menko Polhukam) Wiranto telah menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Wiranto mengaku menemui Presiden untuk membahas tindak lanjut ?upaya melakukan reformasi hukum, khususnya persoalan pungutan liar di lembaga negara.

Menurut Wiranto, Jokowi telah melihat secara langsung praktik pungli  hasil tangkap tangan kepolisian di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Beliau (Jokowi) tahu betul (pungli) tidak di satu kementerian saja. Banyak kementerian/lembaga seluruh nusantara, lewat keluhan rakyat banyak sekali pungli?,” kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/10).

Dia mengatakan, aksi tangkap tangan pelaku pungli berasal dari informasi masyarakat. Menurut dia, sudah sejak lama masyarakat menginginkan penegak hukum melakukan langkah tersebut.

Untuk memberantas praktik pungli, kata dia, Presiden hari ini memerintahkannya membentuk tim satuan tugas (satgas) yang akan turun ke lapangan mencari informasi mengenai praktik pungli.

Sementara ini, sambung dia, anggota satgas masih diutamakan dari unsur kepolisian. “Kita buka sistem laporan cepat online, sedang digarap. Masyarakat di manapun, kapan pun, tingkat pungli apapun bisa melapor satgas yang di pusat. Segera ditangani,” tutur mantan Ketua Umum Partai Hanura ini. (Snd)

Komentar

komentar