Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,24 June 2018
Ilustrasi (IST)

Tiga Helikopter Kirim ‘Bom Air’ di Dumai

Pekanbaru – Sebanyak tiga unit helikopter dan satu pesawat pada Senin melakukan operasi pengeboman air guna menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang terpantau di Kota Dumai, Provinsi Riau.

“Hingga sore tiga heli telah melakukan 284 kali pengeboman air di wilayah tersebut,” kata anggota tim udara Satgas Karhutla Riau, Lettu Sherif Yanuardi, Selasa (3/10).

Sherif mengutarakan tiga helikopter yang terdiri dari dua unit MI-8 masing-masing dengan identitas UR-CMJ dan EY-225 bergantian melakukan pemadaman di pusat titik api yang terpantau sejak akhir pekan kemarin.

Pemadaman dengan dua heli berkapasitas lima ton sekali terbang itu turut diperkuat dengan satu helikopter jenis Sikorsky S-61 yang pada hari ini juga melakukan pemadaman di Rantau Bais Rokan Hilir serta Kandis, Siak.

Sementara pesawat Air Tractor juga turut melakukan pemadaman selain fungsi utamanya untuk patroli udara.

“Laporan terakhir titik api di Siak berhasil dipadamkan. Rantau Bais dan Dumai masih menyisakan asap tipis. MI-8 masih kita standby kan di Dumai,” ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan titik panas di Sumatera pekan ini mengalami fluktuasi karena terjadi musim kemarau basah yang tidak merata di setiap provinsi.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi berujar meski kemarau basah, tapi titik panas berpotensi muncul dengan tingkat kepercayaan kebakaran hutan dan lahan di atas 50 persen.

“Sore ini, satelit deteksi empat titik di Sumatera dengan wilayah penyebaran pada tiga provinsi yakni Sumatera Selatan dua titik serta Lampung dan Jambi sama-sama satu titik,” ucapnya. (Antara)

Komentar

komentar