Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,12 December 2018
Ilustrasi (IST)

Tiga Jenis Teh Ini Tidak Bagus Dikonsumsi

SECANGKIR teh kerap diandalkan untuk menenangkan pikiran atau sebagai minuman herbal yang membantu mengurangi efek buruk dari penyakit. Tapi nyatanya tidak semua teh aman dan baik untuk dikonsumsi. Apalagi saat ini banyak muncul varian teh baru.

Saat ini segala bahan herbal yang dikeringkan kemudian diseduh seolah dianggap teh, belum lagi campuran berbagai bahan yang diracik dan diklaim sebagai varian teh yang punya manfaat khusus. Dilansir dari Mashed, Jumat (21/10/2016) berikut beberapa teh yang tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Teh detoks
Teh berlabel detoks kini banyak dijajakan di pasaran. Embel-embel membuang racun dalam tubuh jadi strategi promosi utama dalam penjualan the ini. Padahal sebenrnya the ini tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan. Teh detoks biasanya terdiri dari campuran bahan herbal, tapi tidak semua bahan ini memiliki fungsi untuk membuang racun. Misalnya daun senna yang diketahui bisa mengiritasi lapisan lambung dan kerap digunakan sebagai obat pencahar.

Comfrey tea
Tanaman comfrey biasanya digunakan untuk mengobati luka, memar dan hingga patah tulang namun bukan untuk konsumsi sehari-hari. Minum teh comfrey secara rutin dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan hati. Beberapa negara bahkan melarang peredaran teh ini, seperti salah satunya Amerika. Memang teh ini tidak banyak dijual secara bebas tapi beberapa toko herbal menjual dalam keadaan kering dan bisa diseduh jadi secangkir teh kapanpun.

Campuran teh herbal
Teh herbal seperti teh jahe atau teh bunga rosella memang bagus dikonsumsi tapi jika dalam satu cangkir teh berisi campuran dari berbagai bahan herbal, Anda patut waspada. Meskipun berasal dari bahan alami, herbal akan membuat masalah kesehatan jika tidak diolah dengan benar. Memadukan campuran bahan herbal dalam satu cangkir teh bukan hanya akan membuat rasanya tidak karuan tapi juga manaatnya.

Komentar

komentar