Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,13 December 2018
Ilustrasi pesawat modifikasi cuaca (IST)

Tinggal Enam Pesawat Bantu Satgas Karhutla di Riau

Pekanbaru – Hingga kini tinggal enam pesawat membantu tugas Satuan Tugas (Satgas) Udara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau, setelah ditariknya tujuh pesawat ke Jakarta.

“Ya, kita masih diperkuat oleh enam pesawat udara untuk bersiaga dan padamkan karhutla di provinsi ini,” tegas Wakil Komandan Satgas Operasi Karhutla Provinsi Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Senin (17/10).

Dia merinci, enam pesawat tersebut masing-masing terdiri empat jenis helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), swasta dan TNI Angkatan Udara dari Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin.

Terdapat dua pesawat tempur tipe Hawk 100/200 dan F-16 disiagakan oleh Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru untuk bantu tugas memadamkan karhutla.

Seperti helikopter tipe Sikorsky S-61 dengan registrasi N5193Y telah tiga “sortie” 102 kali water bombing atau bom air di daerah Bungsur dan Rangsang, Kepulauan Meranti serta Pagaruyung dan Tapung di Kampar.

Lalu helikopter tipe Mi-8MVT registrasi EY-225 telah dua “sortie” 21 kali bom air di daerah Bungsur dan Rangsang, Kepulauan Meranti serta Tanjung Belit dan Siak Kecil di Bengkalis.

“Kalau heli Sikorsky telah 4.645 kali water bombing total 16.722.000 liter air dan heli Mi-8MVT 984 kali bom air dengan total 3.739.200 liter air telah ditumpahkan,” katanya. (Antara)

Komentar

komentar