Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,23 June 2018
Ilustrasi (IST)

Tips Sarapan Ringkas dan Sehat

Padatnya aktivitas pagi sering kali membuat seseorang melewatkan sarapan. Padahal, waktu satu ini disebut-sebut sebagai porsi makan paling penting seharian.

arapan ampuh membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, sindrom metabolisme, dan tekanan darah tinggi. Melewatkan sarapan pun bisa berakibat pada rendahnya tingkat kalsium, potasium, magnesium, fosfor dan zinc, vitamin A, E, B6, C, serta folat dalam tubuh.

Studi di Harvard University, Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa sarapan pagi teratur mampu mencegah kegemukkan. Seseorang yang sarapan akan cendrung 50 persen tidak mengalami kegemukan daripada mereka yang melewatkan sarapan.

Asal pandai menyiasati, menyiapkan santapan keluarga di tengah kesibukan pagi sebenarnya bukan hal sulit. Sebenarnya, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda ikuti.

Pertama, siapkan bahan makanan di akhir pekan. Ibu dan ayah bisa mendiskusikan menu makanan apa saja yang diinginkan dan langsung berbelanja untuk kebutuhan sepanjang minggu.

Anda dapat memotong ayam atau sayur-sayuran lalu mengemasnya sebelum disimpan di kulkas. Namun hati-hati, tidak semua bahan makanan bisa ditaruh pada lemari pendingin.

Tomat, misalnya, akan lebih cepat busuk bila bersentuhan dengan suhu dingin. Sayuran juga akan lebih terjaga kesegarannya bila Anda letakkan di kulkas dalam wadah kedap udara.

Bahan yang sudah disipakan rapi akan memudahkan proses memasak Anda nantinya. Waktu yang dipakai untuk memasak pun tidak terlalu banyak.

Selain itu, pilihlah menu sarapan ringkas untuk keluarga. Akan percuma bila Anda sudah menyiapkan bahan, tetapi menu yang dimasak malah membutuhkan waktu lama.

Salah satu sarapan mudah yang dapat Anda pilih, misalnya Bakmi Mewah. Bakmi ini dapat disajikan setelah direbus hanya selama tiga menit.

Karena tidak menggunakan penguat rasa, bakmi ini cocok dan aman untuk dikomsumsi keluarga sekaligus praktis untuk bekal sekolah anak. Rasanya yang tak kalah dengan bakmi dari restoran pun cocok dijadikan stok makanan di rumah Anda.

Bakmi pun sudah dilengkapi dengan daging ayam dan jamur asli sebagai campuran. Untuk melengkapi nutrisi, Anda bisa menambahkan sayuran yang telah disiapkan sebelumnya.

Meski sibuk, jangan sampai melupakan nilai nutrisi pada sarapan Anda dan keluarga. Tubuh tentu membutuhkan bekal aktivitas seharian.

Di pagi hari, utamakan asupan karbohidrat sebagai sumber energi dan protein serta lemak untuk rasa kenyang lebih lama. Konsumsi juga buah dan sayur agar kebutuhan vitamin terpenuhi dan kesehatan pencernaan tetap terjaga. (kmps)

Komentar

komentar