Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,13 December 2018
Ilustrasi TKI (IST)

TKI Diwajibkan Lakukan Pemeriksaan di Puskesmas

Jakarta – Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng) menetapkan peraturan yang mewajibkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang ke tempat asalnya untuk melakukan pemriksaan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas).

Aturan ini tercantum pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Wonosobo Nomor 8 Tahun 2016, tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dalam Perda tersebut, selain tertuang tugas dan kewenangan pemerintah daerah, diatur pula kewajiban para TKI asal Wonosobo, baik yang hendak berangkat maupun yang pulang dari luar Negeri.

Terbitnya Perda tersebut disambut gembira para aktivis buruh migran di Wonosobo. Annisa Hanifa, yang pernah menjadi buruh migran dan kini aktif dalam Lembaga Pemberdayaan Para Mantan TKI itu mengatakan, peraturan ini sudah cukup akomodatif terhadap kebutuhan para calon maupun TKI asal Wonosobo.

“Kewajiban kita semua adalah secara serius berupaya mengawal implementasi di lapangan, agar benar-benar sesuai dengan apa yang sudah diatur, baik terkait kewajiban dan tanggung jawab pemda maupun kewajiban para TKI,” katanya, seperti dikutip dari KRjogja, Senin (31/10/2016).

Komentar

komentar