Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,19 July 2018
Arcandra Tahar (ANTARA | Widodo S Jusuf)

Arcandra Minta Data Penerima Subsidi Listrik 900 VA Disempurnakan

Jakarta – Mulai tahun depan, tarif listrik untuk 18,7 juta pelanggan listrik 900 VA tak lagi disubsidi. Para pelanggan ini dinilai sudah mampu secara ekonomi, tidak layak disubsidi.

Hanya 4,1 juta pelanggan 900 VA yang tetap mendapat subsidi listrik. Ini berdasarkan penilaian dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Tapi data TNP2K soal pelanggan listrik 900 VA yang menjadi dasar untuk menetapkan penerima subsidi tak 100% akurat. Setelah diverifikasi PLN di lapangan, ternyata hanya 2,89 juta dari 4,1 juta pelanggan layak subsidi yang sesuai data TNP2K. Ada 196 ribu pelanggan yang tidak ditemukan, dan sisanya sebanyak 1,04 juta tidak cocok.

Terkait kelemahan data ini, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, menyatakan data tersebut akan diperbaiki lagi, supaya kebijakan subsidi tepat sasaran benar-benar berjalan dengan baik.

“Kita sedang perbaiki data, kita perbaiki data dulu, rekonsiliasi istilahnya, mana yang pas yang akan kita kasih subsidi,” kata Arcandra saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Baca Juga:

Sembari menyempurnakan data pelanggan 900 VA, persiapan pencabutan subsidi 900 VA tetap terus berjalan. Diharapkan data bisa lebih akurat saat subsidi listrik tepat sasaran sudah mulai diterapkan. “Sedang dilakukan (perbaikan data), teknisnya ada. Kita tunggu saja secepatnya,” tegasnya.

Kementerian ESDM juga telah menyiapkan prosedur khusus bagi warga miskin yang menjadi korban pencabutan subsidi listrik 900 VA akibat belum terdata oleh TNP2K.

Baca Juga:

Mekanisme itu diatur dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 29 Tahun 2016 (Permen ESDM 29/2016). Berdasarkan aturan ini, Rumah Tangga Miskin dan Tidak Mampu (RTM) yang belum menerima subsidi tarif tenaga listrik dapat menyampaikan pengaduan melalui Desa/Kelurahan. Ada Posko Pengaduan di Kelurahan dan Desa untuk menampung pengaduan. Ada formulir pengaduan yang harus diisi. (dtc)

Komentar

komentar