Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,25 September 2018

Banyak Jalan Berlubang dan Membahayakan, Pemko Dumai Harus Lebih Tanggap

Dumai – Warga Kota Dumai meminta Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai agar prioritaskan perbaikan jalan umum yang rusak parah dan berlubang karena khawatir bisa mengancam keselamatan pengendara, terutama sepeda motor.

Seorang warga Jalan Ombak Dumai, Andika, Minggu, meminta perbaikan jalan diutamakan yang rusak berat dengan lubang menganga karena sangat mengancam keselamatan pengendara, terlebih disaat musim penghujan.

“Bahayanya lubang di badan jalan tertutup genangan air dan bagi orang yang tidak tahu bisa saja terjatuh, karena itu diminta perbaikan diutamakan yang sudah rusak dan mengancam keselamatan,” kata Andika.

Menurut dia, sejumlah titik ruas jalan yang perlu segera diperbaiki itu misal Jalan Budi Kemuliaan, Baru, Ombak dan Kelakap Tujuh karena badan jalan dipenuhi lubang dan tidak merata sehingga rawan insiden.

Kondisi jalan rusak ini dinilai dia selain karena kualitas sudah menurun akibat dilintasi kendaraan setiap hari dan digenangi air hujan dan banjir rob atau air laut naik ke darat.

“Sering kita dengar orang terjatuh karena menabrak lubang itu, dan warga setempat terpaksa memasang tanda bahaya agar tidak dilintasi, kita berharap pemerintah secepatnya memperbaiki,” harapnya.

Diharapkan juga pemerintah perhatikan kondisi jalan yang mendesak untuk diperbaiki dan tidak mendahulukan peningkatan jalan yang masih bagus, seperti dilakukan dinas pekerjaan umum tahun ini di Jalan Sukajadi dan Bintan.

Kepala Bidang Bina Marga DPU Dumai Nur Istiqlal menyebut terhadap jalan yang rusak dan berlubang untuk sementara dilakukan dengan perawatan rutin di sejumlah ruas jalan yang dianggap membahayakan pengendara.

“Jalan yang berlubang sementara ini kita lakukan perawatan rutin dengan timbunan batu base agar tidak membahayakan pengendara, sedang untuk peningkatan tergantung kondisi keuangan,” kata Nur.

Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo mengatakan, pemerintah akan membenahi dan meningkatkan kondisi infrastruktur jalan dan drainase pada 2017 sebagai kebutuhan mendasar masyarakat.

Perhatian infrastruktur ini terutama untuk mengatasi persoalan banjir di pemukiman dan jalan umum akibat banjir rob yang membuat rusak lingkungan dan badan jalan.

“Kondisi infrastruktur jalan yang memadai akan mendukung kegiatan perekonomian, industri dan sosial kemasyarakatan, karena itu kita akan benahi secara bertahap,” sebut Eko. (Antara)

Komentar

komentar