Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi perlindungan anak (IST)

Dumai Tuan Rumah Kampanye Kreatif Perlindungan Anak Terpadu

Dumai – Pemerintah Kota Dumai mendapat apresiasi dengan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara kampanye kreatif perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat tingkat kabupaten kota di Provinsi Riau.

Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo saat memimpin kampanye, Rabu (23/11/2016) mengatakan pemerintah berkomitmen mencegah kekerasan pada perempuan dan anak, karena sebagai aset bangsa berhak mendapat perlindungan.

“Jika menemukan kekerasan dalam rumah tangga, baik pada perempuan atau anak agar segera melapor ke aparatur pemerintahan karena aset bangsa ini berhak mendapat perlindungan,” kata Eko.

Dikatakan anak berhak mendapat prioritas perlindungan dari pemerintah dan masyarakat mengingat tingginya jumlah kasus kekerasan pada perempuan dan anak terjadi saat ini.

Karena itu, menjadi tanggungjawab dan tantangan bagi pemerintah bersama lapisan masyarakat umum agar anak dapat tumbuh kembang secara maksimal dan memperoleh perlindungan sebagai hak anak bangsa.

“Perlindungan kepada anak merupakan tugas bersama kita, dan diharapkan juga orang tua dapat mengawasi anak dengan cara memberikan keterampilan dan membangun komunikasi positif,” sebutnya.

Sementara itu, Fasilitator BKPPPA Provinsi Riau Lena menyebutkan kampanye yang akan dilaksanakan oleh aktivis ditunjuk ini diharapkan bisa memotivasi masyarakat dalam mencegah kekerasan dan meningkatkan kesadaran memberi perlindungan kepada perempuan dan anak.

Kampanye ini, lanjut dia bertujuan mensosialisasikan perlindungan anak, pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya kekerasan pada perempuan dan anak agar bisa diantisipasi.

“Perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat diharapkan mampu mencegah kekerasan dan kembali membangun potensi pada anak serta jadi wadah membangun sinergisitas dengan semua unsur terkait,” katanya.

Kampanye kreatif perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, dan Dumai dipercaya sebagai tuan rumah tingkat kabupaten kota di Provinsi Riau.

Pelaksanaan kampanye kreatif ini melibatkan berbagai unsur di pemerintahan, seperti pelayanan kesehatan, sosial, perlindungan, harus ada kerjasama bagi semua unsur. (Antara)

Komentar

komentar