Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018

Kemudahan Bisnis Indonesia Loncat 15 Peringkat, Jokowi: Pertama Kali Terjadi di Dunia

Jakarta – Beberapa waktu lalu, Bank Dunia merilis peringkat kemudahan bisnis dunia. Peringkat Indonesia naik dari posisi 106 menjadi 91, atau ‘meloncat’ 15 peringkat dari posisi sebelumnya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, lonjakan rangking Indonesia tersebut merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah dunia. Meski diakuinya, itu masih belum sesuai harapannya.

“Berkat reformasi yang kami lakukan, ranking kami menjadi lebih baik di Bank Dunia dalam ease of doing business dengan mengambil posisi 15 jadi 91,” kata Jokowi saat bertemu dengan 400 CEO dunia di acara Forbes Global CEO Conference 2016 di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

“Itu rekor dunia yang belum pernah terjadi di indeks tersebut. Bisa sejauh itu meloncat dari ranking yang rendah ke tinggi. Namun, itu belum memuaskan bagi kami. Karena target saya untuk memastikan kita berada di 40 teratas dalam ease of doing business dalam waktu sesegera mungkin,” ucapnya lagi.

Catatan rangking yang membaik tersebut, menurut dia, tak bisa dilepaskan dari 14 paket kebijakan ekonomi yang sudah dirilis pemerintah sejak tahun tahun lalu.

“14 bulan lalu kita meluncurkan upaya untuk deregulasi dan menyederhanakan perizinan. Kita sudah meluncurkan 14 yang disebut sebagai paket kebijakan reformasi, menjadi langkah konkrit seperti menciptakan Pusat Logistik Berikat (PLB), dan juga ekspor barang jadi lebih efisien,” ungkap Jokowi. (dtc)

Komentar

komentar