Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Dok. edisidumai.com

Kesyahbandaran Imbau Warga Dumai Waspadai Cuaca Buruk

Dumai – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kota Dumai mengimbau pengguna jasa pelayaran agar waspada cuaca buruk, terutama kapal yang akan melewati Laut Cina Selatan karena ketinggian ombak di atas normal.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Dumai, Barnabas F Tallu, Senin mengatakan ombak di perairan Dumai terpantau masih aman untuk dilintasi kapal karena ketinggian sekitar 0,5 hingga 1 meter.

“Kapal dan pengguna jasa lain tetap kita imbau agar waspadai cuaca buruk dan jika menemui situasi terancam segera mencari perlindungan dengan merapat ke dermaga terdekat,” kata Barnabas.

Untuk pemantauan gelombang tinggi di perairan, kesyahbandaran terus mengamati perkembangan terbaru cuaca berdasarkan informasi dari Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) agar bisa mengambil kebijakan.

Setiap situasi iklim buruk, kesyahbandaran juga memberikan peringatan dini waspada cuaca yang disampaikan ke agen kapal dan pengguna jasa kepelabuhanan agar senantiasa menjaga keselamatan dan mencermati keadaan ketika berlayar di laut.

“Kalau cuacanya buruk kita pasti mengeluarkan imbauan untuk pengguna jasa agar berhati hati saat berlayar,” katanya.

Terkait jaga keselamatan pelayaran, kesyahbandaran mengimbau agen kapal, kapten dan nakhoda serta pengguna jasa kepelabuhanan lain, baik barang atau penumpang untuk melengkapi peralatan dan alat navigasi dibutuhkan selama berlayar.

Dia juga mengatakan peristiwa kapal tenggelam di Perairan Batam Kepulauan Riau pada 2 November 2016 tidak mempengaruhi aktivitas pelayaran yang berangkat dan bersandar di Pelabuhan Dumai.

Berdasarkan informasi BMKG pada beberapa daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat dan angin kencang, berdampak pada musibah banjir di pemukiman dan ruas jalan dialami sejumlah wilayah dan pohon tumbang. (Antara)

Komentar

komentar