Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,20 April 2018

Lakukan Hal Ini di Malam Hari, Esok Anda Akan Lebih Produktif

Dumai – Tidak produktif saat kerja menjadi masalah banyak karyawan. Problema itu bisa disebabkan banyak hal, misalnya terlalu banyak mengobrol atau berselancar di internet hingga salah makan. Untuk memaksimalkan efektivitas dan efesiensi kerja, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Salah satunya dengan melakukan persiapan di malam harinya.

Persiapan di malam hari bukan berarti Anda harus menyicil pekerjaan atau memikirkan strategi terbaru perusahaan. Rutinitas simpel dari konsultan produktivitas bernama Ivy Lee ini bisa bikin Anda lebih produktif di esok hari:

Bikin To-Do List
Yang perlu dilakukan untuk lebih produktif adalah dengan membuat to-do list atau daftar hal yang ingin dilakukan. Saat malam, misalnya ketika sebelum tidur atau ketika perjalanan pulang, buatlah to-do list mengenai hal yang harus dikerjakan keesokan harinya. Menurut penulis dan jurnalis James Clear, cara ini memang bisa memudahkan pengerjaan tugas dan membuat pagi jadi lebih tenang.

“Sebagai penulis, aku bisa membuang tiga atau empat jam memperdebatan apa yang harus aku tulis di hari H. Jika aku memutuskan pada malam sebelumnya, aku bisa bangun dan langsung menulis. Itu simpel tapi berhasil. Pada awalnya, memulai penting untuk sukses,” kata James yang menamakan .

Tips Bikin To-Do List
Saat buat to-do list, hindari memasukkan terlalu banyak tugas. Metode Ivy Lee ini menganjurkan agar Anda hanya boleh mendaftarkan enam hal saja. Tidak dijelaskan mengapa harus enam namun hal tersebut dilakukan agar Anda bisa memprioritaskan pekerjaan. Terlalu banyak tugas ditakutkan justru membuat Anda malah jadi kurang produktif.

Prioritaskan Tugas
Setelah mendaftarkan enam hal yang ingin dilakukan esok hari coba atur urutannya berdasarkan prioritas. Lalu kerjakan tugas-tugas sesuai urutan. Ingat lebih penting bukan berarti lebih sulit. Anda bisa memulai pagi dengan mengerjakan tugas-tugas mudah yang biasanya justru membuatkan pekerjaan jadi lebih cepat selesai.

Ketika Hari H
Anda juga perlu memperhatikan pengerjaan tugas di hari H agar produktivitas lebih maksimal. Metode Ivy Lee melarang multitasking jadi selesaikanlah tugas satu per satu. Menurut riset Stanford University, multitasking memang kurang baik bahkan bisa menurunkan IQ. (dtc)

Komentar

komentar