Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018

Praperadilan SP3 Polda Riau dalam Kasus Pembakaran Lahan PT SRL, Ditolak

Pekanbaru – Pengadilan Negeri Pekanbaru menolak permohonan praperadilan yang diajukan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau terhadap terbitnya Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) PT Sumatera Riang Lestari.

“Mengadili, satu; menolak permohonan praperadilan pemohon untuk seluruhnya. Dua Mebebankan biaya perkara sebesar Rp5.000,” kata Hakim Sorta Ria saat membacakan putusan di Ruang Garuda, Pengadilan Negeri Pekanbaru, Selasa (22/11/2016).

Pengadilan Negeri Pekanbaru melalui Hakim tunggal Sorta Ria Neva mengadili gugatan praperadilan Walhi Riau terhadap terbitnya SP3 PT Sumatera Riang Lestari (SRL) oleh Polda Riau dalam perkara Karhutla.

Dalam gugatannya, Walhi Riau menilai bahwa proses penghentian penyidikan PT SRL, perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Indragiri Hilir tidak sesuai prosedur, sehingga harus dibuka kembali.

Namun, dalam putusannya Hakim Sorta menilai bahwa terbitnya SP3 oleh Polda Riau telah memenuhi unsur yang diatur dalam asas perlindungan dan pengelolaan lingkungan yakni asas keterpaduan, kehati-hatian dan penyidikan.

Hal itu ditandai dengan adanya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik Polda Riau ke Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Indragiri Hilir.

“Menimbang dengan diserahkan SPDP, penuntut umum sejak dini bisa memantau proses penyidikan dan memantau berkas perkara dalam rangka kesempurnaan penyidikan,” ujarnya.

Kemudian hakim turut menjelaskan bahwa terbitnya SP3 PT SRL, penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda Riau terlebih dahulu melakukan gelar perkara.

Dari gelar perkara diketahui bahwa lahan yang terbakar merupakan lahan yang dikuasai sekelompok masyarakat di sekitar konsesi PT SRL. Akibatnya lahan konsesi PT SRL yang siap panen turut terbakar.

Putusan Hakim Sorta Ria terhadap gugatan Walhi Riau tersebut senada dengan putusan yang diajukan Advokasi Melawan SP3 pada Selasa silam (8/11).

Hakim Sorta juga menolak gugatan prapid “citizen law suit” yang diajukan seorang warga bernama Ferry melalui 10 kuasa hukum yang tergabung dalam Advokasi Melawan SP3 15 perusahaan oleh Polda Riau.

Dalam putusannya kala itu, Hakim Sorta Ria menilai bahwa gugatan Advokasi Melawan SP3 tidak memenuhi unsur mengajukan CLS. (Antara)

Komentar

komentar