Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Foto: Ilustrasi (dok. edisidumai)

Seminggu Operasi Zebra di Dumai, 505 Pengendara Ditilang

Dumai – Kepala Satlantas Polres Dumai AKP Emil Eka Putra menyebut pelaksanaan operasi zebra 2016 hingga Rabu (23/11) sudah menilang 505 pengendara dengan kesalahan terbanyak tidak pakai helm dan melawan arah jalan.

Operasi zebra yang dilaksanakan selama dua pekan dimulai sejak 16 hingga 29 November ini sudah menindak 817 pelanggaran, terdiri 505 tilang dan 312 surat teguran.

“Pelanggar terbanyak tidak pakai helm dan melawan arah dan kita tilang karena berpotensi menimbulkan kecelakaan di jalan raya,” kata AKP Emil, Kamis (24/11/2016).

Pelanggaran yang masih terjadi di jalan raya ini, dinilai dia karena kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas masih kurang dan hanya patuh ketika ada petugas bekerja di lapangan.

Kegiatan operasi zebra selain dengan gelar razia di jalan raya, petugas juga memberi penyuluhan sadar berlalu lintas di sejumlah tempat keramaian, perkantoran, sekolah, pasar, pangkalan ojek dan bank serta lain sebagai.

“Setelah dievaluasi kami menilai kesadaran tertib lalu lintas masih rendah dan masyarakat hanya patuh disaat ada petugas karena takut,” sebutnya.

Selain itu, personel gabungan operasi zebra juga menggelar razia sistem hunting atau patroli di jalan raya sambil melihat pengendara yang melanggar aturan.

Cara ini dianggap dia efektif untuk menindak pelanggaran dan memberi efek jera kepada masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi peraturan lalu lintas.

“Satgas penyuluhan dan sistem hunting ini lebih efektif karena selain memantau aktivitas di jalan raya, sekaligus menindak atau menegur pengendara yang belum taat aturan,” demikian Kasat Lantas Polres Dumai.

Sebelumnya, Kapolres Dumai AKBP Donal Happy Ginting mengimbau personel yang diterjunkan dalam Operasi Zebra 2016 agar menjaga keselamatan saat bertugas dan menghindari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme.

Operasi zebra 2016 melibatkan 60 personel gabungan sejumlah instansi lain, yaitu, pejabat utama polres, perwira, gabungan sabhara dan polair, satlantas, binmas dan staf, reskrim, polsek, dinas perhubungan, polisi militer dan jasa raharja.

“Gelar operasi zebra untuk meningkatkan kesadaran disiplin masyarakat dan menciptakan tertib berlalu lintas serta menekan terjadi kecelakaan, kemudian cipta kondisi jelang perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 1 Januari 2017,” terang kapolres. (Antara)

Komentar

komentar