Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (ist)

Wakapolri Jadikan Polda Riau Sebagai Percontohan

Pekanbaru –  Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Syafruddin menyatakan Kepolisian Daerah Riau dijadikan sebagai “role model” atau contoh bagi Polda lainnya, yang akan ditingkatkan status tipologi menjadi tipe A.

“Polda Riau dihadapkan tantangan seperti ekonomi, lintas batas, dan sebagainya, Polda Riau dijadikan role model untuk kenaikan tipenya,” kata Wakapolri usai mengukuhkan Polda Riau menjadi Tipe A di Pekanbaru, Sabtu.

Ia melanjutkan, dengan tantangan tersebut maka kekuatan Polda Riau akan ditambah dari sisi jumlah personel, fasilitas serta anggaran.

Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi seluruh potensi kejahatan baik konvensional maupun transansional termasuk peredaran narkoba mengingat kondisi geografis Riau yang berhadapan langsung dengan jalur pelayaran internasional.

Terkait penambahan kekuatan personel, ia mengatakan pada 2020 mendatang jumlah penduduk Riau diperkirakan mencapai 7 juta jiwa sehingga perlua ada penambahan menjadi  13.500 polisi dari 10.466 yang ada saat ini.

“Anggaran, personel, faslitas ada peningkatan disesuaikan dengan tipe dan rasio penduduknya. Idealnya di Riau dengan 7 juta penduduk pada 2020 adalah 13.500 personel,” lanjutnya.

Sebelumnya dalam amanat yang ia bacakan pada saat pengukuhan Polda Riau menjadi tipe A, ia mengatakan bahwa masyarakat Riau harus bangga dengan peningkatan status tersebut.

“Ini suatu kebanggaan bagi kita khususnya Riau. Saya ingat ketika bertugas di Riau pada 1993-1997, saat itu masih tipe C. Lalu ditingkatkan menjadi B dan sekarang karena kepercayaan menjadi tipe A. Setara dengan Polda lain di Pulau Jawa dan daerah lainnya,” ujarnya.

Masih dalam amanatnya, dia menginstruksikan kepada Polda Riau dan jajaran terus meningkatkan pelayanan dan loyalitas ke masyarakat sesuai program Kapolri menjadikan polisi Profesional, Modern dan terpecaya. (Antara)

Komentar

komentar