Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Reuters

12 Jam Setelah Gempa Aceh, Korban Meninggal Mencapai 94 Orang

Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis data terbaru korban meninggal dunia akibat gempa Aceh yang sudah mencapai 94 orang.

Informasi terkini ini disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (7/12/2016), atau sekitar 12 jam setelah gempa.

“Pidie Jaya 91 orang (korban tewas), Bireuen 2 orang, Pidie 1 orang,” sebut Sutopo.

Sutopo menegaskan informasi resmi mengenai data korban dan kerusakan akibat gempa di Pidie Jaya pada pukul 05.03 WIB pagi tadi berada di BNPB. Penyampaian informasi dilakukan terpusat agar tidak terjadi simpangsiur data.

“Terkait dengan informasi penanggulangan bencana tetap satu pintu yakni BNPB dan BPBD. Jadi kami dapat info dari berbagai macam data baik aparat, relawan, dan media,” tegas Sutopo.

Menurut Sutopo, keabsahan suatu data dari berbagai sumber harus diuji terlebih dulu. BNPB memprioritaskan keakuratan data sebelum disampaikan ke masyarakat melalui media massa.

“Mereka menyampaikan sehingga BNPB ketika dapat laporan tadi kita lakukan konfirmasi. Ini bukan masalah cepet-cepetan tapi bagaimana data resmi terkait penanggulangan bencana di Indonesia telah disepakati. Data resmi itu dari BPBD dan BNPB. Sehingga data yang ada tadi berasal dari BPBD yang udah dikonfirmasi,” tutur Sutopo. (dtk)

Komentar

komentar