Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018

Ada 3 Kawasan Industri Baru Selama 2 Tahun Pemerintahan Jokowi

Jakarta – Hingga tahun 2016, ada 3 kawasan industri baru yang terbangun dari target 14 kawasan industri hingga 2019. Ketiga kawasan industri yang telah beroperasi, yaitu Sei Mangkei, Morowali, dan Bantaeng.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, 3 kawasan industri baru tersebut diharapkan bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang pada akhirnya bisa membuka lapangan kerja baru.

“Kawasan ekonomi memang pemerintah ada 14 kawasan namun ini sifatnya jangka menengah karena ini projectnya dari nol membutuhkan waktu. Membangun kawasan industri persiapannya 3-5 tahun,” kata Airlangga, di kantornya, beberapa waktu lalu.

Saat ini investor kawasan industri didukung oleh pemerintah terkait infrastruktur pendukungnya. Ke depan nantinya terkait pembebasan lahan, dan perizinan lainnya akan didorong dipermudah bagi pengusaha.

“Industri yang dimiliki swasta memiliki dukungan pemerintah terkait akses jalan, tol, pelabuhan, infra air, infrastruktur listrik, pemerintah yang mengembangkan infrastruktur, pemerintah memasukkan ini sebagai project prioritas nasional, karena tujuanya untuk meningkatkan investasi,” imbuhnya.

Selain itu ada 3 kawasan industri yang sedang dalam tahap pembangunan, yaitu Palu, Bitung, dan Konawa. Sedangkan 8 (delapan) kawasan industri lainnya masih dalam tahap perencanaan.

Untuk 3 tahun ke depan, juga akan dilakukan percepatan pembangunan Kawasan lndustri Tanjung Buton, Dumai, Berau, Tanah Kuning, JIIPE (Gresik), Kendal, dan Kawasan Industri Terpadu Wilmar di Serang (Banten). Sampai saat ini, terdapat 73 kawasan industri yang telah beroperasi di seluruh Indonesia. (dtk)

Komentar

komentar