Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018

BMKG Deteksi Tujuh Titik Panas di Riau

Pekanbaru – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika setempat menyebut, titik panas bertambah di Provinsi Riau menjadi tujuh titik setelah kemarin dinyatakan lima titik.

“Pagi ini, satelit kembali pantau total tujuh titik panas di Riau. Tersebar pada tiga daerah,” terang Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, Rabu (7/12/2016).

Ia merinci, tujuh titik panas itu terdeteksi oleh satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yakni Aqua dan Terra berada tiga kabupaten yakni Bengkalis empat, Pelalawan dua, dan Siak satu titik.

Satelit menyatakan, untuk wilayah Bengkalis keempat titik panas ini masih terkosentrasi di Kecamatan Bukit Batu.

Lalu wilayah Pelalawan dua titik panas terdapat pada dua kecamatan yakni Kerumutan serta Teluk Meranti, dan satu titik panas di Siak terdeteksi berada di Kecamatan Sungai Mandau.

Seperti diketahui, kemarin atau Selasa (6/12) sore, satelit mendeteksi lima titik panas di Riau dengan wilayah penyebaran di Bengkalis tiga titik, dan Pelalawan dua titik.

“Untuk titik panas pagi ini, sama seperti kemarin sore. Analisis kita, belum terjadi kebakaran hutan dan lahan karena masih di bawah 70 persen,” ucap Slamet.

Titik panas memang bukan menandakan adanya kebakaran yang sedang berlangsung, melainkan adanya potensi kebakaran di daerah tersebut. Karena itu masyarakat serta seluruh perangkat dan lembaga yang berkepentingan untuk mencegah kebakaran terjadi diimbau untuk selalu waspada. (Antara)

Komentar

komentar