Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018
Foto: Gempa Aceh (AFP)

Gempa Aceh

BNPB: Ada 67 Kali Gempa Susulan, Namun Masyarakat Aceh Tak Perlu Khawatir

Banda Aceh – Sejak gempa 6,5 skala richter (SR) mengguncang Aceh, Rabu (7/12) lalu, tercatat terjadi sebanyak 67 gempa susulan. Namun demikian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat tidak usah khawatir.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mencatat, ada 67 kali gempa susulan di Aceh. Gempa terakhir terjadi Jumat (9/12) pukul 21.08 WIB di Kabupaten Sigli, Aceh, dengan kekuatan 4,5 SR.

Sutopo menyebut, banyaknya gempa susulan setelah gempa 6,5 SR pada Rabu (7/12) lalu itu merupakan hal yang normal. Kekuatannya gempa susulan ini pun terpantau makin melemah.

“Setelah terjadi gempa besar, itu biasanya memang selalu diikuti gempa-gempa kecil. Sama lah orang kalau habis di pukul kan tidak seketika langsung sembuh,” kata Sutopo saat dihubungi, Sabtu (10/12/2016).

Sutopo meminta masyarakat Aceh tidak usah khawatir meski harus tetap waspada. Soalnya, dia justru mencatat gempa susulan ini semakin melemah.

“Kalau melihat trennya terus terjadi penurunan. Intensitas gempanya menuju ke stabil. Tren ini menunjukkan bahwa gempa terus mengecil. Masyarakat diimbau terus tenang, tidak usah terpancing isu-isu akan ada gempa besar dan sebagainya,” ujarnya.

Komentar

komentar