Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,21 November 2018

Dishub Riau Petakan Area Rawan Arus Mudik Natal

Pekanbaru – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau memetakan titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas menjelang libur perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

“Kita sudah tahu kecenderungan rawan macet dan titik rawan kecelakaan di mana. Terutama untuk transportasi darat di Riau,” kata Kepala Dishub Provinsi Riau Rahmat Rahim di Pekanbaru, Rabu (14/12/2016).

Berdasarkan pantauan pada Lebaran 2016, Dinas Perhubungan telah menemukan total 29 titik baik rawan macet dan kecelakaan di empat lintasan jalur libur Natal dan Tahun Baru yaitu lintas Utara, Timur, Barat dan Selatan di Riau.

Ia mencontohkan titik rawan itu antara lain kilometer 57,3 Jalan Lintas Timur Sumatera atau Minas Barat yang memiliki jarak pandang kurang baik dengan tikungan kemiringan jalan dua sampai tiga persen.

Kondisi itu diperparah dengan marka jalan yang telah memudar dan tidak adanya rambu jalan terutama untuk memperingatkan pengendara di jalan raya.

“Tapi secara umum, arus transportasi saat libur nanti kita prediksi berjalan lancar. Mengingat saat ini, tidak sedang terjadi pengerjaan jalan,” tuturnya.

Rahmad menerangkan kondisi jalaur lalu lintas tahun 2016 tidak separah seperti libur perayaan Natal 2015, karena banyak pengendara mengeluhkan macet panjang akibat buka tutup jalan.

“Kalau untuk jalan nasional baik Utara, Barat, maupun Selatan, saat ini sudah selesai dikerjakan. Namun yang bakal padat itu kami perkirakan transportasi udara, tapi ini pun sudah diantisipasi,” terangnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain Adinegara kembali mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan seperti tahun lalu terutama saat jelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan dan dapat mengganggu ketertiban serta keamanan masyarakat saat peringatan hari besar tersebut.

“Kami sudah ada peringatan dari Jakarta (Mabes Polri), untuk pelaksanaan Natal dan Tahun Baru agar tingkatkan kewaspadaan,” tegasnya.

Kapolda mengaku telah mempersiapkan personel pengamanan dan dalam waktu dekat bakal menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin untuk pengamanan.

“Insya Allah, pada tanggal 22 atau 23 Desember (tahun) ini, kita akan gelar pasukan,” imbuhnya. (Antara)

Komentar

komentar