Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Foto: Gempa Aceh (AFP)

Doa untuk Para Korban Gempa Aceh Ramai di Twitter

Pidie Jaya – Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh dengan kedalaman 10 kilometer. Media sosial seperti Twitter ramai digunakan untuk berbagi informasi mengenai gempa tersebut.

Tak lama setelah gempa terjadi, pengguna Twitter segera memenuhi timeline situs mikroblogging tersebut, mengucapkan belasungkawa. Saat berita ini diturunkan, Rabu (7/12/2016), ‘Aceh’ menempati urutan pertama trending topic Twitter Indonesia dan urutan ketujuh trending topic dunia.

twitter-gempa-aceh

“Aceh Gempa lagi, semoga diberikan keselamatan untuk semua,” ucap pengguna akun Twitter @yoskiadiba07.

“Turut berduka atas korban gempa bumi di Pidie Jaya Aceh Indonesia berkekuatan 6,4 SR,” tulis @fd_matthews.

“Pray For Aceh… Gempa,” kata @Rinto71

“Ya Tuhan kuatkanlah orang-orang Aceh yang sedang tertimpa musibah semoga orang-orang Aceh diberi kesabaran mengalami musibah ini,” harap @HeriCannabis.

Tak sekadar mengungkapkan belasungkawa dan berbagi informasi terkini, beberapa pengguna Twitter juga mulai memanfaatkan situs dengan ciri khas 140 karakter tersebut untuk menggalang bantuan untuk korban gempa.

Selain Aceh, kata lain yang masuk dalam trending topic Indonesia berkaitan dengan peristiwa gempa ini adalah ‘Pidie’ dan ‘6,4 SR’. Jumlah tweet yang mengandung kedua kata tersebut masing-masing lebih dari lima ribu tweet dan dipastikan masih terus bertambah.

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 SR ini tidak berpotensi tsunami. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pukul 05.03.36 WIB dengan kekuatan M=6,4 di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km. (dtc)

Komentar

komentar