Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,22 October 2018

Hal-hal yang Mesti Dipertimbangkan Ayah dan Ibu Saat Memilih Penitipan Anak

Jakarta – Ayah dan ibu bekerja. Ditambah tidak ada anggota keluarga atau pengasuh yang bisa diminta menjaga si kecil. Jika begitu, menitipkan anak di tempat penitipan anak atau daycare pun jadi pilihan.

Lantas, dalam memilih daycare apa saja yang mesti dipertimbangkan oleh ayah dan ibu? Menurut psikolog dari Tiga Generasi, Tiara Puspita MPsi, Psikolog, aspek lokasi dan keamanan daycare penting diperhatikan. Misalnya, apakah bangunan daycare bertingkat dan lokasinya dekat dengan jalan besar.

Toh bertingkat, bagaimana pengamanan di tangga rumah. Kemudian, jangan lupa diperhatikan kebersihan di daycare. Aspek kebersihan ini juga termasuk kebersihan panganan yang disajikan untuk anak-anak. Lantas, perlukah orang tua mempertimbangkan di dacyare tersebut ada CCTV atau tidak?

“CCTV juga perlu karena pernah ada kasus klien saya akhirnya mengeluarkan anaknya dari daycare tersebut karena dia tahu salah satu pengasuhnya melakukan kelalaian sama anaknya dari CCTV. Jadi lebih baik CCTV juga ada sehingga ketahuan kalau anak ada lebam misalnya, kita bisa langsung cek ke pengasuhnya,” tutur Tiara.

Aspek lain yang penting diperhatikan orang tua adalah bagaimana pengasuh di daycare tersebut. Mulai dari latar belakang si pengasuh sampai perbandingan anak dengan pengasuh.

Tiara mengatakan, biasanya untuk anak usia prasekolah, satu pengasuh mengurus tiga sampai empat anak atau katakan, maksimal lima anak. Apalagi ketika si anak berusia balita dan sudah bisa berjalan, pastinya semakin banyak anak yang diasuh akan membuat pengasuh makin sulit fokus.

Jika orang tua hendak memasukkan anak ke daycare, dikatakan Tiara itu bisa mulai dilakukan sejak usia bayi. Apalagi bagi ibu bekerja, umumnya setelah bayi berumur 3 bulan ia akan kembali bekerja.

“Untuk itu kita mesti mencari daycare yang benar-benar terpercaya. Termasuk aturan pemberian makan dan susunya kayak gimana, begitu juga aktivitas anak di daycare tersebut,” kata Tiara. (dtc)

Komentar

komentar