Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018

Mendapat Kado yang Kurang Disukai? Tidak Perlu Sakit Hati

Dumai – Banyak momen dimana kita mendapat pemberian berupa kado dari kerabat atau orang terdekat. Perayaan Natal dan Tahun Baru, misalnya. Saat membuka kado, tentu kita menginginkan sesuatu yang disukai. Tapi bagaimana bila kado tersebut tidak sesuai yang diharapkan?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berterima kasih terlebih dahulu. Buka bungkus kado dengan semangat, lalu tersenyum sambil melihat isi kado dan ucapkan terima kasih. Sebaiknya tahan diri untuk tidak menunjukkan ekspresi maupun bahasa tubuh yang memperlihatkan rasa kecewa, karena itu bisa membuat si pemberi kado merasa sedih.

Setelahnya, baru pikirkan cara yang tepat untuk memanfaatkan kado ‘tak diharapkan’ itu. Membuangnya? Tentu saja jangan. Sementara menyimpannya di gudang hanya akan memenuhi ruangan di rumah Anda. Lalu bagaimana sebaiknya memperlakukan kado yang tidak Anda sukai? Melinda Massie, pemilik perusahaan home organization profesional asal Texas, Amerika Serikat, memberikan beberapa tipsnya seperti dikutip dari Your Tango.

1. Taruh dengan Rapi di Tempat Khusus
Sediakan tempat khusus untuk menyimpan kado-kado yang tak pernah Anda pakai. Entah itu lemari, kontainer atau kotak di atas meja rias. Misalnya lipstik yang warnanya kurang Anda sukai, parfum yang aromanya terlalu menyengat untuk Anda, model sepatu yang bukan gaya sehari-hari atau baju terlalu besar.

Taruh barang-barang tersebut dengan rapi, akan lebih baik bila label atau stiker keterangan produknya masih ada. Pastikan barang-barang tersebut terlihat cukup jelas sehingga ketika teman atau kerabat ada yang berkunjung ke rumah atau memasuki kamar Anda, mereka bisa dengan mudah melihatnya. Anda bisa menaruh produk kecantikan di meja rias, sepatu di bagian bawah lemari, atau gantung aksesori di dinding. Jika ada yang tertarik dengan salah satu dari deretan kado itu, Anda bisa memberikannya kepada mereka.

2. Donasi
Benda yang dianggap tidak penting oleh seseorang, bisa jadi harta yang berharga bagi orang lain. Untuk itu kenapa tidak Anda donasikan saja barang-barang yang tidak digunakan tapi masih layak pakai. Anda bisa mencari tahu informasi tentang organisasi atau yayasan yang menerima donasi, dan sumbangkan kado tersebut ke orang yang membutuhkan. Jika enggan memberikan donasi kepada orang tak dikenal, perhatikan sekitar tempat tinggal Anda, apakah ada tetangga yang benar-benar membutuhkan barang tersebut? Jika ada Anda bisa menyumbangkan untuknyaa.

3. Jual
Sekarang ini banyak website atau aplikasi khusus untuk menjual barang-barang bekas atau yang tak diinginkan tapi masih dalam kondisi bagus. Sebut saja OLX, Carousell atau eBay. Buat ‘lapak’ online Anda sendiri dan posting foto-foto barang yang akan dijual. Jangan lupa berikan informasi detail mengenai barang tersebut. Beritahu juga jika ada sedikit cacat atau goresan, agar pembeli tak kecewa begitu menerima barang. Agar lebih cepat laku, jual dengan harga 20 – 60 persen lebih murah dari harga baru. Toh, Anda juga tidak mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut. (dtc)

Komentar

komentar