Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi

Puncak Arus Mudik Natal Diperkirakan 23 Desember, Arus Balik 2 Januari

Jakarta – Puncak libur Natal diprediksi terjadi pada 23 Desember 2016. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengantisipasi perubahan cuaca saat liburan panjang itu.

Kementerian Perhubungan memprediksi kepadatan lalu lintas saat libur panjang akan terjadi pada tanggal 23 Desember 2016. Sementara untuk arus balik diperkiran akan terjadi pada tanggal 2 Januari 2017. Koordinasi pun dilakukan dengan sejumlah pihak terkait sudah berjalan cukup intens, termasuk melakukan sejumlah persiapan dan cek kelayakan armada yang akan mengangkut para pemudik.

“Rampcheck kita lakukan untuk pesawat. Yang lainnya, bus mungkin, kapal laut iya dilakukan tapi random dan bus juga secara random,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di Gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2016).

Pengecekan yang dilakukan lebih ketat itu juga untuk meminimalisir tingkat kecelakaan baik di darat, udara, laut maupun kereta api. Untuk kendaraan angkut, Menhub menginstruksikan pihak terkait untuk lebih teliti dan disiplin.

“Sudah didiskusikan bahwasanya KSOP itu harus melakukan pengecekan, lebih detail. Karena memang, kejadian itu (kapal tenggelam) karena beberapa hal. Satu kelebihan muatan, dua kurang disiplin. Ketiga karena kedua itu dan cuaca tidak baik maka terjadi kecelakaan. Kita akan evaluasi langkah detail apa yang akan kita lakukan berkaitan kecelakaan itu,” papar Menhub.

“Kita juga punya catatan penting, karena saat ini cuaca sangat tidak baik maka Otban (otoritas bandara) udara dan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) yang ada di laut harus meningkatkan syarat yang lebih ketat di pelabuhan. Katakanlah jumlah penumpang harus dicek secara ketat, kelayakan kapal juga,” katanya.

Menurut dia, koordinasi dengan BMKG akan dilakukan dalam 1 hingga 2 hari mendatang. (dtc)

Komentar

komentar