Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018
Ilustrasi

Tiga Jalan Tol Baru Trans Sumatera Siap Beroperasi di 2017

Jakarta – Pembangunan jalan tol untuk menunjang konektifitas antar wilayah terus digenjot pemerintah. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, akan ada ruas tol yang bisa beroperasi 2017 mendatang. Ruas-ruas tersebut berada pada jaringan jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Untuk Trans Sumatera, ruas tol Medan-Binjai (dua seksi) sepanjang 17 km, ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22 km dan sebagian ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 27 km diprediksi bisa beroperasi sebelum Lebaran 2017.

“Ruas tol yang bisa beroperasi tahun 2017 itu kalau di Sumatera, ada Bakauheni sampai Terbanggi Besar. Kemudian tol Medan-Binjai juga akan kita operasikan. Dan Palembang-Indralaya juga mudah-mudahan bisa dioperasikan,” katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (5/12/2016).

Sedangkan untuk Trans Jawa, yang bisa beroperasi di 2017 adalah ruas Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 km yang merupakan kelanjutan dari seksi sebelumnya yaitu Seksi I Ruas Semarang-Ungaran (11,3 km) dan juga sebagian ruas Solo-Ngawi (90,25 km).

“Di Jawa, mudah-mudahan nanti Bawen-Salatiga juga bisa, Solo-Ngawi melalui Kertosono juga kita operasikan pada tahun 2017 ini,” tambah Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menambahkan, sebagian besar ruas diantaranya dapat beroperasi sebelum Lebaran 2017, sedangkan untuk sebagian ruas tol Solo-Ngawi kemungkinan baru bisa beroperasi di Oktober 2017.

“Solo sampai Nganjuk ada yang di awal dan yang di akhir. Artinya bervariasi, tapi tetap di tahun 2017,” jelas dia.

Komentar

komentar